Notebook baruku: Axioo VL 856 P

Sebenarnya sih gak baru-baru amat. Karena sudah hampir 2 bulan saya menggunakan notebook ini. Sejauh ini sih baik-baik saja dan belum ada keluhan. Awal yg baik untuk sebuah barang yg baik, mestinya.

Merknya Axioo. Ini adalah merk lokal. Tepatnya ini adalah barang dari luar yang dilabeli dengan merk sendiri, seperti halnya Visipro, V-gen dan lainnya. Axioo punya beberapa kelas dalam jajaran produknya. Lengkapnya bisa dilihat disini.

Yang saya pakai ini adalah kelas value (Neon Series) yang murah meriah. Seri ini menggunakan chipset Via. Makanya bisa jauh lebih murah dibanding kelas lainnya yang menggunakan chipset Intel.


Kenapa memilih notebook? Kenapa tidak komputer desktop saja? Ini juga sudah saya pikirkan masak-masak. Karena dengan dana yang sama bisa mendapatkan spesifikasi yang jauh lebih tinggi jika menggunakan desktop dibanding notebook. Tetapi akan berbeda jauh jika dibandingkan sisi mobilitasnya dan konsumsi daya listriknya.

Ya masing-masing antara komputer desktop dan notebook punya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Dan saya memutuskan untuk memakai notebook karena saya berencana akan menggunakannya di rumah (di kamar, di ruang tamu atau di tempat lain) kalau ada waktu luang. Kadang-kadang untuk menulis, membaca email, atau sekadar ngoprek2 saja. Kadang-kadang saya juga perlu membawa notebook ke kantor. Kadang-kadang merasa perlu juga mencicipi Wifi yang di beberapa tempat disediakan gratis. Karena itu perlu disiasati bagaimana dengan dana yang terbatas bisa mendapatkan notebook dengan spesifikasi yang lumayan.

Kenapa Axioo? Sebenarnya saya tidak fanatik merk. Tetapi lebih kepada harga, service dan layanan purna jual. Lalu darimana saya tahu semua itu, ya internet jawabnya. Saya punya kebiasaan untuk mencari info di internet sebelum membeli sesuatu. Saya perlu tahu pengalaman pengguna Axioo (dan merk lokal lainnya) dan bagaimana kesan-kesan pemakain Axioo. Setelah ‘googling’ dengan kata kunci ‘axioo’ akan banyak rujukan-rujukan yang bisa dibaca. Ada beberapa testimoni blogger yang memakai Axioo. Ada juga posting di forum yang membahas Axioo dan perbandingan dengan beberapa merk lain.

Di salah satu edisi majalah Infolinux, ada artikel dari Onno W. Purba, seorang pakar, yang menulis tentang bagaimana meng-instal Linux di notebook dan kebetulan merk dipakai adalah Axioo. Ini tentu saja menambah poin untuk memilih Axioo. Malah ini bisa jadi referensi yang lebih kuat, karena nantinya memang akan di-install Linux. Dari referensi di internet dan majalah yang selalu saya perhatikan adalah kompatibilitasnya dengan Linux. Dan yang lebih bagus lagi, di beberapa display di toko komputer atau di pameran beberapa tipe dari Axioo secara default dipasangi dengan Linux Mandriva yang bisa jadi referensi kompatibilitas dengan Linux.

Setelah saya rasa cukup dengan bahan pertimbangan, akhirnya saya berbulat hati memilih Axioo. Walau sebelumnya banyak juga merk-merk lokal lainnya yang sempat juga jadi bahan pertimbangan. Tetapi disamping faktor fitur dan harga, layanan purna jual dari Axioo adalah hal terpenting yg membuat pilihan jatuh ke Axioo. Di situsnya Axioo ada tabel spare part dan perkiraan harga nya jika ada kerusakan. Juga informasi dari penjual (dasar penjual :-)) yang meyakinkan akan layanan service center Axioo baik di Jakarta dan di beberapa kota besar lainnya.

Setelah merk dan layanan purna jual sudah ketemu sekarang tinggal mencocokan dengan dana yang ada. Dan ini adalah hal yang gak salah sulitnya. Awalnya saya sudah mendapatkan kandidat, tipe VL 724 C (Chipset Via, Pentium M 1,7 Ghz). Tetapi saat bertanya ke beberapa dealer barangnya sedang kosong. Ada juga yang menyebut sudah discontinue. Sementara saya tidak tertarik dengan tipe sejenis yang menggunakan Celeron M karena harganya tidak terpaut jauh.

Ke Mangga Dua adalah yang terbaik. Sebagai salah satu pusat komputer di Jakarta tentu akan mudah mencari barang yang kita perlukan. Dan kebetulan juga saat saya ke sana Axioo sedang pameran. Tanpa menyia-nyiakan waktu langsung saja proses hunting dimulai. Memang betul tipe yang saya cari (VL 724 C) sudah discontinue dan sebagai gantinya adalah tipe VL 856 P. Spek kurang lebih sama dengan yang saya cari, tetapi menggunakan Pentium M 1,8 Ghz dan RAM 512 MB. Spek lengkapnya bisa dilihat disini.

Seperti biasa walau sudah dilabeli dengan harga khusus pameran, saya masih sempat-sempatnya menawar harga. Siapa tahu bisa mendapatkan harga yang lebih bagus lagi. Si penjaga stand tetap saja bertahan bahwa harganya ini sudah harga khusus pameran dan di tempat lain harga lebih mahal. Setelah tidak putus asa menawar akhirnya saya mendapatkan harga lebih murah Rp 50 ribu dibanding harga pameran yang tercantum. Lumayan juga.

Harga ini adalah harga notebook tetapi tidak termasuk harga OS, karena notebook ini secara default di-bundle dengan Mandriva 2006 yang memang gratis. Bagus juga. Kenapa juga harus membayar cukup mahal dengan Windows secara otomatis di dalamnya. Karena memang notebook ini rencananya saya akan gunakan untuk mencicipi Ubuntu yang semakin populer itu.

Sudah dua bulan Notebook ini saya gunakan. Dan setelah memakai notebook ini banyak tawaran-tawaran notebook merk lain dengan harga dan fitur yang hampir sama. Ya sekarang sepertinya sudah mulai menjadi tren notebook yang murah tetapi powerful.

Iklan

68 pemikiran pada “Notebook baruku: Axioo VL 856 P

  1. bung devry dan bung hasan:
    Ya kita sama2 pengguna Axioo. Boleh juga tuh kita berbagi info kalau ada masalah dengan Axioo kita. Enak juga pakai laptop yang murah meriah, tetapi bandel. Paling tidak selama 3 bulan ini.

  2. saya mau beli notebook jg. awalnya saya lihat axioo bagus, tapi bagaimana kalau dibanding dengan byon yaa? maklum dengan dana mepet kita harus lihat barang yang gak mahal tapi bagus.

  3. herry: semuanya tergantung spek. tapi dengan spek yang sama, axioo relatif lebih murah daripada byon. tapi saya tidak tahu gimana after sales service nya. untuk sementara sih puas pake axioo.

    pedhet: ya, semoga jadi makin punya kesempatan yang banyak untuk menulis. sementara ini waktunya masih lebih banyak digunakan untuk membaca.

  4. Salam Kenal … saya menyukai referensi yang anda buat ..saya pikir cocok untuk pegangan saya yang sedang mencari “notebook murah meriah” seperti halnya Asustek EEE …yang tak kunjung launching …. kapan ya ? ada yang tahu ?? mohon infonya juga … so mengenai axioo yang OS nya Linux ini … apakah yang dipakai browser seperti M.Firefox atau browser khusus LInux … mohon penjelasannya …karena saya awam soal Linux dan ingin mempelajarinya … terima kasih atas dimuatnya tanggapan ini … mohon penjelasannya … trims..

  5. Pak Ferdi, salam kenal juga.

    Sebelumnya, saya bukan salesnya Axioo ya. Itu semua saya tulis berdasar kesan2 saya saja saat cari laptop yang tentu dengan pertimbangan subyektif saya (harga vs. spek). Dan kebetulan pilihan jatuh kepada Axioo.

    OS bawaannya adalah Mandriva, tapi saya gak suka. Makanya saya install Ubuntu (jelasnya bisa dilihat di posting saya di atas). Dan jangan khawatir, secara default, Firefox sudah termasuk satu paket saat install Ubuntu. Saya tidak tahu distro linux yang lainnya.

    Untuk Asus EEE (bukan Asustek), memang di Indonesia belum ada kabar dijual. Tapi di milis Ubuntu sudah ada yang mengkordinasi untuk membeli kolektif. Mungkin ada bisa kontak Pak Herry Sufehmi (sufehmi@gmail.com) kalau ingin ikutan pesan kolektif. Beliau kordinatornya.

    Trims juga sudah berkunjung ke blog sederhana saya ini.

  6. Terima kasih banyak atas infonya …

    Bagi saya info tersebut sangat banyak membantu saya yang awam ini … tapi berbakat juga kok jadi sales … hehe … ngk apa kalau sales direktur (becanda pak) …

    oke akan saya search tentang Ubuntu … yang terus terang saat ini saya juga masih “buntu” tentang Linux …

    Oke …Semoga lain waktu kita dapat bekerjasama lagi …

    Salam.

  7. Pak Ferdi,
    Terima kasih didoakan jadi direktur… ๐Ÿ˜€

    Dan silakan kontak saya jika mau bertukar fikiran tentang Ubuntu. Soalnya saya juga awam kok. Dan pengalaman saya, saya juga banyak dibantu oleh teman-teman yang bahkan saya belum mengenalnya secara langsung.

    Ini email saya: ak12720@gmail.com

  8. wah emang AXIOO keren deh.. kemarin saya juga beli AXIOO tipe NVG818P.. Harga lumayan.. spek tinggi… Pokoknya keren abis.. Non OS ga masalah.. toh notebook saya cuma di pake buat belajar di kampus.. bukan untuk menghasilkan uang… hehehe.. AXIOO emang deh… salut!

  9. Aku juga pake Axiio, tipe Centaur (M 1,6GHz), kupakai sejak sept 2006. Memori udah ku upgrade jadi 2x512MB. Performa-nya ok banget, cuma indikator batereinya (atau batereinya?) gak beres. Alarm baterei bunyi padahal baterei masih 80% an. Udah 2x dicek ama service center yg di mg2 lt 4(?). Gak beres2. Sekarang ini, dan kebetulan garansi sudah usai, gak bisa pake baterei lagi (padahal indikatornya masih 100%), musti di colokin ke PLN trus…Jadi gak mobile lagi nih… Dalam waktu dekat ini mo kubawa lagi ke service center….

  10. Hi Pak, thanks infonya…Setelah dengan pertimbangan2 dll (Budget,spec,etc) akhirnya aku pilih BYON.Promo yg di berikan cukup menarik dibandingkan dengan Axioo..hihi..

    So far performance ok, tetapi dengan pertimbangan untuk bisa di upgrade di masa depannya, saya rasa cukup deh.

    Ada masukan dari teman-teman soal notebook BYON ? Thanks

  11. @najihmuh:
    wah berarti ada masalah dengan batrei ya? itu berarti setelah pemakaian setahun ada kemungkinan terjadi masalah yang sama. kalau saya sih pakai dari mei 2007 sampai sekarang batreinya baik2 saja. semoga setelah setahun pun juga masih ok2 saja.

    @newbie:
    saya ucapkan selamat atas pilihan anda. semoga itu pilihan yang tepat berdasar dana dan fitur yang anda butuhkan walau kita berbeda merk. atau, jangan2 kita pun pakai laptop dari pabrikan yang sama ๐Ÿ˜€ kalau axioo saya ini dibuat oleh Clevo, Taiwan. Byon pabrikannya siapa ya?

  12. Pabrikan Notebook Saya dari Compal, padahal sayang tuh, baru beli 1 minggu, dah keluar type baru yg S1371 (pabrikan Asus) damn…hehe…13.3″ trus dah komplit semuanya dengan harga yang ekonomis…hehe..

    Tapi apa boleh buat, dah terlanjur beli yg 14’1″ hehe..anyway pengen install Ubuntu niih…ada yg sudah pernah install UBUNTU di BYON gak yah di serie M3311 nya ?? Thanks

  13. @newbie:
    saya belum pernah install ubuntu di laptop byon. mungkin aja prinsipnya sama asal hardwarenya mendukung. apalagi yang sudah intel based, dijamin lancar install ubuntu nya dan bisa menikmati efek desktop yang keren.

    sebelumnya, bisa dibagi spek hardware laptop byon anda?

  14. Selamat pagi pak belalang,salam kenal dari saya…
    Butuh rekomendasi dari anda tentang notebook nih. Saya ingin beli notebook untuk kegunaan software teknik sipil (rancang bangun) seperti autocad,SAP,ms project dsb.
    Budget saya sekitar 7,5jt,dan saya inginkan mendapat yang core 2 duo. Sementara ini,yg masuk nominasi sesuai dg kriteria saya adalah axioo MLG712 dan acer aspire 4720.
    Menurut pak belalang dengan budget segitu,sebaiknya membeli notebook apa?
    Terimakasih informasinya

  15. @pangeran:
    salam kenal jg. dari budget anda sepertinya masih agak leluasa untuk memilih. tinggal membandingkan spek antara merk yang satu dengan merk yang lainnya. tapi yang perlu diperhatikan karena akan digunakan untuk autocad, anda perlu cari spek vga yang lebih bagus. saya pribadi sih lebih cenderung ke vga produksi dari intel. dan jg kalau memungkinkan, cadangkan jg untuk menambah ram hingga minimal 1 gb.

    segitu dulu, dan maaf belum bisa memberi rekomendasi yang detail. dan silakan kalau masih mau bertukar informasi. dengan senang hati akan saya tanggapi.

  16. Kalau acer travelmate 6292 menurut anda bagaimana? Dengar2 6292 adlh notebook dgn platform santa rosa yg termurah ya?tapi katanya masih nanggung…
    Tadi siang saya jalan ke bbrp toko di pekanbaru,harga 6292 9,18jt,barang ready stok.
    Tapi stlh saya hunting harga di google,ternyata tidak ada harga yg lebih murah dari 9,18jt.
    Agak ragu thdp kualitas barangnya juga sih,masa’ harga di pekanbaru lbh murah drpd di jkt.

  17. @pangeran:
    kalau lihat di bhinneka, travelmate 6292 dibandrol usd 1245. walau spek bagus tapi buat saya kemahalan.

    tentang harga di toko ang di pekanbaru itu apakah ada garansi resmi dari acer atau tidak? kalau bergaransi resmi sih itu bener2 murah. tapi saya kok ragu ya ada yang jual semurah itu selain barang bm… ๐Ÿ™‚ beli laptop itu yang mahal garansi dan os nya.

  18. Tadi saya keliling di pekanbaru untuk hunting notbuk,harga termurah utk acer tm 6292 adlh 8,8jt tapi cuma garansi toko,bukan garansi acer. Anehnya,hard disk nya sudah 160gb,tapi procesornya yg 1,8gb,dan memory nya 1giga.
    Kalau yg garansi resmi harga nya 9,6jt,spek sesuai dengan yang ada di bhineka yaitu procesor 1,8gb,hdd 120gb dan memori 512.
    Untuk axioo MLG 712 garansi resmi harganya 7,5jt,free upgrade memori 2gb.
    Saya jadi agak bingung nih…mohon diberikan rekomendasi dalam memilih.
    terimakasih

  19. @pangeran:
    kalau untuk yg garansi toko sih saya memilih untuk tidak membelinya. ngeri kalau terjadi apa2.
    untuk yg garansi resmi, kalau budget anda memang mencukupi ya silakan beli. tapi buat saya pribadi kemahalan.
    berarti sekarang pilihan mengerucut ke axioo ya? ๐Ÿ˜€

    tapi pilihan sepenuhnya ada di tangan anda….

  20. @pangeran cinta:
    melihat spek-nya sih ngiler jg. apalagi chipset vga-nya intel, akan ngacir kalau menggunakn os ubuntu sperti yg saya pakai ini.

    dan kalau anda ingin menggunakan cad atau aplikasi lain yang perlu memori besar, dana sisanya bisa digunakan untuk tambah memori.

  21. wah jangan nekat beli axxio, gue pernah bongkar tu barang…
    plastiknya aja tipis and lentur, kayak plastik buat piring
    LCDnya kerap death pixel…

    yang asyik bentuknya SAMA dengan barang2nya A*note yang dijual di carefour (kayak belanja sayur belinya, pake troli)

    keunggulannya harga sparepart murah, tapi harus diinget karena emang harus sering servis

    gitu lo axxio…
    ada orang bego bilang “axxio buatan soni”
    wahehehe….

  22. aku sudah setahun pake vl 724.selama ini ga da problem serius.padahal jarang ni laptop duduk dimeja.ditas di bw mobile trs.soal batre ya wajarlah.umur kan ada btsnya.thx pak belalang.

  23. Wuaah seru juga nih ngomongin nb,tq jg nih buat pak belalang boleh share saya juga pernah pake axioo kira2 beli thun 2005 typenya DS(pentium M 1.7,12inc)karena tertarik dgn kecil lengkap dan centrino(tentunya dgn chip intel)sya PD aja beli axioo meskipun byk pilihan nb lokal lain.Tapi apa yang saya dapatkan nb itu dalam setahun garansi rusak terus dari lcd bergaris,overheat,toucpad gk fungsi,bluetooth gk fungsi smpe trakhir mainboard nya mati,parah bgt kan?saya jg gk habis pikir karena apes ato brgnya gak bagus sampe saya bosan ke itclinic(m2m lt4)nya.setelah itu saya berpikir kalau sudah gk garansi bgaimana nasib nb saya?akhirnya saya jual aja ke bhineka(meski dijual kmurahan)just info axioo saya vendornya clevo china.Terus terang kapok pake axioo dan ini bs buat pengalaman yg lain skarang saya beli wearnes 2011 core2duo santarosa 12inc kinerjanya ok bgt setidakny smpe 1 tahun ini.

  24. Mau ngasih saran aja buat yg pake nb lokal yg skarang makin byk dan murah. untuk waspada jika nb sudah gak garansi,karena mereka dari pihak service biasanya langsung menawarkan pembelian spare part baru dan sepertinya bukan service nama tepatnya tp sebenarnya bongkar pasang hehe..kebetulan ktr saya ada beli beberapa nb lokal dr axioo,zyrex,anote,byon dan wearnes semuanya skr sudah lewat garansi,tp dr nb tsb jika rusak mainboardnya tidak pernah ada yg bs service melainkan hrus ganti baru dgn harga 2 jutaan,terakhir br wearnes yg bs diservice meskipun rusak di chip-nya..jadi berhati2lah kalau ada budget lebih mending beli yg ada garansi internasionalnya thanks buat pak belalang

  25. @pangeran notebook:
    saya sudah pakai laptop saya ini sejak mei 2007 dan sampe sekarang lancar2 aja. batrei juga standar aja, saya pakai ubuntu bisa tahan 1,5 jam (maklumlah katanya ubuntu lebih boros batrei ketimbang winxp). saya tidak tahu deh apa yang terjadi setelah bulan mei 2008 nanti. semoga aja laptop ini lancar2 aja. o ya, tipe yang saya pakai ini ternyata juga dibuat oleh clevo (taiwan, bukan china). sepertinya punya anda lebih keren berchipset intel. yang saya pakai ini vga-nya pakai via.

    @irzal:
    yang saya dengar sih spt yang anda ceritakan itu. atau bahkan mereka ada yg seneng sistem swap (menukar dengan unit baru). dan sekali lagi saya tidak tahu dengan apa yg terjadi setelah setahun laptop ini saya pakai. harapan saya sih baik2 aja seperti laptop lainnya.

    untuk anda berdua terima kasih sudah berkunjung kesini dan komentar nya.

  26. Bagus pak belalang kalau gk ada masalah-ada info juga asus EEE sudah keluar di pasaran dan laku keras krena ktanya di jual dgn hrga 3.5 jt-an(7inc,hd pake system flash)itu gmana bgus gak ya brangnya?thanks b4

  27. @pangeran:
    Asus EEE yang saya dengar juga jg bagus dan murah. Tapi tolong jg diperhatikan bahwa ia bukanlah pengganti laptop seperti yang kita2 pakai ini. Ia semacam laptop dengan spek hardware yg minimal yang digunakan untuk komputasi ringan (mengetik, dll). Tapi saya sendiri belum mencoba dan semua itu hanya katanya ๐Ÿ™‚ bahkan Asus EEE bisa berhasil mulus lho diinstall Ubuntu. Itu juga katanya ๐Ÿ™‚

  28. Pak/Mas Belalang Yth.
    Saya sudah setahunan ini pakai Axioo NVB 656. Secara umum gak ada masalah, cuma rasanya kok agak panas ya di bagian kiri dekat tapping zone. Tapi saat ini LCDnya tiba-tiba blank. Sekarang sudah saya serahkan kembali ke toko tempat saya membelinya dulu. Kata tokonya, paling cepat 2 minggu ada solusi. Kalau kemudian ternyata LCDnya gak bisa diperbaiki, terus gimana, ya? Padahal itu “cangkul” buat ngolah “sawah” saya. Kalau mikirin itu saya jadi lemes, bahkan air mata saya sempat ‘mbrebes mili’ (meneteskan air mata)(Sori, agak cengeng, nih hehehe). Soalnya, pekerjaan saya ini guru, bahan pelajaran saya presentasikan pakai axioo itu. Kalau gak pakai laptop, bahannya terlalu banyak untuk dituliskan di papan tulis.
    Waktu saya tanyakan apa bisa dipinjami laptop lain sebagai pengganti sementara selama punya saya direparasi, katanya gak ada penggantinya. Gimana ya Pak/Mas Belalang? Punya pendapat buat sekedar melegakan hatiku yang lagi sendu mendayu-dayu ini….?

  29. untuk Pak Je, ada baiknya juga bapak lihat postingan irzal diatas untuk nb lokal.

    Tapi kalau melihat kasusnya (blank) kemungkinan bisa juga dikabelnya saja dan bukan lcdnya..jadi bapak masih bisa berharap dengan axioo nya hehehe…kalau boleh tahu itu blank nya warna putih ato hitam atau warna-warni?sekedar info:

    Kalau blank Putih: itu ada kemungkinan di lcd ato kabel ke lcdnya putus
    blank hitam: kemungkinan mainboardnya atau lcdnya bermasalah.
    kalau blank warna-warni: kabel data ke lcdnya putus

    thanks

  30. Aduhh, Mas Wong nDeso …terima kasih sekali anda mau nanggapi curhatku. Itu lebih dari cukup untuk membesarkan hatiku. Rasanya dengan satu teman saja aku sudah berani menghadapi dunia ini. Trims sekali lagi… Itu blank warnanya putih, mas. Dan sepertinya ada garis-garis tipis horisontal, lalu setelah beberapa menit didiamin garisnya menghilang, dan layar menjadi putih pucat, sepucat hatiku saat kejadian…(walahh…hehehe). Do’ain ya, Mas, moga-moga cuman kabelnya yang putus. Soalnya, kalau sampai lcd-nya yang bermasalah kemungkinan biayanya jut-jutan. (Aku sempat lihat di axioo.net lcd tipe cangkulku 2,625 jut). Itu berarti senilai sekian kali lipat angsuran asuransi anakku semata wayang. Trims ya, Mas Wong nDeso…

  31. Sambungan buat Mas Wong nDeso, aku juga pernah lihat di salah satu situs (lupa aku namanya, kalo ndak salah dari texas, dari nyari dengan key word lcd) yang menjelaskan cara untuk mengganti lcd, step by step disertai gambar, dan kelihatannya mudah dilakukan oleh orang seawam aku. Tapi cangkulku sudah terlanjur tak serahkan ke tokonya. Ini sekedar info saja, mudah-mudahan bermanfaat. Thx.

  32. mau beli axioo tvs612p…kira2 performancenya gimana ya?trus jg ktanya ‘montirnya’ axioo itu ga jago..suka ganti2 sparepart yg seharusnya ga usah dganti..bener ga siyh?

  33. pak Belalang mau tanya nih…
    kebetulan saya beli axioo seri VL856P bekas dari teman..rencana mau nambah RAM jadi 1GB, tolong informasinya untuk RAM apa tipenya DDR2 dan slotnya ada 1 atau 2?
    Trims.

  34. Sob, ikutan nimbrung ni… kayaknya daripada pusing mikirin spare-partsnya, mendingan pilih BYON d. Gw pake BYON S1371-T7250, bentuknya putih, mungil, kenceng, trendy, makin cinta d kalo liatin setiap hari. Pabrikan BYON setahu gw terkenal, dari Tier 1 so jaminan kualitasnya terpercaya. gw sich sudah pake dari tahun lalu sich dan … asyik aja, malah gw pernah nyalain 24×2 jam non-stop (buat download 10Gb punya file), ga ada masalah sama sekali, panasnya wajar, performance nya juga ok. he he he… sharing aja… buat pengetahuan bersama…

  35. Pak belalang, aku ada rencana mau beli notebook Axioo Neon TVS612 PW, kira2 kalau diinstall windows bakalan bermasalah gak ya? melihat dari monitornya 12 inch dan modelnya yang lucu. Selain itu spec nya juga cukup oke. After sales service untuk axioo selama ini tuh spt apa ya?

    Kemarin ini aku juga ada pilihan di Lenovo G400, tapi modelnya kaku banget. Teman saya kebetulan ada yang paki tipe tersebut, baru beli beberapa lama sudah trouble..Teman saya menginstall windows vista dinotebooknya, apakah itu yang menjadi masalah di notebooknya?

    Mohon bantuannya ya.. Trims..

  36. @caroline…

    after sales AXIOO banyak…so ga ada masalah

    aq dah make AXIOO VL 724 dari feb 2007..ga ada masalah tuuh…

    kmaren dah d bandingin kemampuan reading DVD AXIOO Vs ACER Aspire series……

    terbukti….

    AXIOO lebih baik coz ada beberapa DVD yang ga berjalan mulus ma ASPIRE tp ngacir d AXIOO…

  37. aq jg udh 9 bulan ni pke axxio centaur,,,aq pasangi 2 OS (VIsta ultimate n XP),alhamdulillah lancar2 aja n ga da masalah,,,,

    klo da temen2 yang pux masalah dengan axxio,,,di share ja y,,,mdah2an bisa brmanfaat buat kita smua

  38. Salam kenal

    Btw, saya juga pengguna notebook axioo. Notebook axioo yang saya gunakan ini spesifikasinya seri SV (awal), processor intel celeron 1.6 Ghz, Ram 256. Saya membelinya dengan menyicil 10x. Sudah pernah jatuh beberapa kali. Baru bulan Juni tahun 2008 ini saya punya dana untuk mengupgrade ram menjadi DDR 1 Gb. Performance nya masih baik sekali. Memang kalau digunakan lama untuk pengolahan database, pekerjaan multitasking, dan olah digital image agak panas tetapi tetap okay kok.

    Salam.

  39. mau nanya juga, kalo laptop axioo MLG712 itu bisa diupgrade ramnya sampai 4 gb ga ya?(maksudnya 2 slot pake ram 2 giga)
    makasiih

  40. Pak belalang n temen diforum saya minta saran ya.
    Saya punya budget buat laptop 6-7 jt. Saya rencananya mau beli axioo, cuma bingung sama serinya. Maunya sih udah core duo, RAM 1GB, ada bluetooth dan kamera, layarnya 13 inc.

    Thx bgt buat sarannya

  41. Oiya ada yg lupa. Ubuntu = linux? Apa udah semudah windows. Jadi bisa hemat ga usah beli. Toko komputer di daerah glodok – mangga 2 paling murah dimana? Soalnya cek via internet terbatas. Trus klo ada masalah dgn axioo, servis kemana?
    Thx bgt.

  42. aku pake axioo nve728nc
    ni laptop termasuk yg termurah dulu
    udah lbih dari setahun ga pernah ada mslh, malah sangat mbantu kerjaku

    nah kemaren aku iseng masuk bios, trus ngrubah buffer size dari 64 ke 128
    setelah restart LCD BLANK

    rencananya mo aku reset batre cmosnya
    ku coba buka casingnya tapi agak takut juga sih
    mslhnya di buku panduannya ga ditunjukin letaknya dmn,

    tolong dong kasih tau kesini ya untuksesama@yahoo.com

    kamsia

    1. saya lihat comment elly diatas sama masalahnya ma saya..
      laptop saya axioo m54se..waktu masuk bios saya coba2 seting frame buffer sizenya dari 128mb ke 256mb trus restart dan lcdnya langsung blank..ada yg bilang harus di reset biosnya atau format bios pake setup bios dan itu harus d download tapi saya sudah cari sofwarenya dmn mn dan tidak ketemu…
      apakah ada solusinya??mohon bantuannya..
      trims,,

  43. saya teknisi laptop. sering bongkar hampir semua merek laptop. kelemahan axioo adalah pada
    motherboardnya.mungkin karena bahan dan desain sistim pendinginnya yang kurang bagus
    sehingga pada masa pakai habis garansi kebanyakan motherboardnya rusak. harga mother board
    nya 2 jt an saya curiga produsen mengambil keuntungan dari penjualan spare part yang mahal
    tdk mengambil bnyk profit dr penjualan unit laptop agar terjangkau dan kompetitif.
    saran saya belilah laptop yg branded meski mahal tapi awet.
    contact : 0813 5198 1409

  44. gw pake axioo neon tvs6122 beli bulan maret,oktober kemaren lan card ga kebaca trus gw bawa ke it clinic(lokasi gw di semarang). trus langsung diganti motherboard baru hanya dalam 1hari….nah kemaren ini lcd gw keluar bercak item garis” aga banyak di kiri atas…trus ade gw suruh bawa ke tempat yg sama (didiagnosa ada tinta yg bocor gara” sering deket speaker ), dia jg bilang segel pernah dibongkar…kan teknisi dia sendiri yg bongkar,trus harus beli sendiri lcd (2,8jt) soalnya 12inchi….lha kan masi garansi lagian itu cacat produk…gw ga perna denger lcd keluar bercak gara” deket speaker….

    => “gitu lo axxioโ€ฆ
    ada orang bego bilang โ€œaxxio buatan soniโ€
    waheheheโ€ฆ.” <= axioo bukan axxio (siapa yg bego?)

  45. TEMEN-TEMEN TOLONG KASIH INFO NYA TENTANG KELEMAHAN OR KELEBIHAN AXIOO TEN016P ?????
    ATAS INFO TEMEN-TEMEN TERIMA KASIH, SAYA TUNGGU SECEPAT-CEPATNYA YA INFO-NYA!!! (PENTING)

  46. Axiooooooooooooooooooooooooo……..
    Ternyata, axioo dan ion menggunakan board yang sama, yaitu produk dari clevo. Setelah 2 tahun pake axioo, dan temanku pake ion, ternyata sama2 bermasalah di layar. dengan kata lain, axioo dan ion sama2 memiliki layar yang nggak tahan panas. sekarang sudah ada 2 temenku yang punya laptop ion yang power nyala tapi tanpa indikator kerja harddisk dan layar tetap gelap. sedangkan axioo punyaku layarnya ada bagian yang menghitam kayak tompel.
    Hehehe akhirnya laptopku punya tompel. ๐Ÿ˜ฆ

  47. Sy pakai Axioo DS 13 thn 2004 kalo g salah.. mpe lupa, saking lawasnya… Lama bgt ya.. Tapi baik n sehat2 aja. satu2nya masalah adalah bbrp bln terakhr baterai nya cuma tahan sekitar 1 jam an. Biasanya lumayan sih… Udh tua kali ya… he..he… Tp yg lain2 baik2 aja. Hampir lupa, bluetooth agak lemot sedari beli awalnya mmg. tp lt ini diisi macam2, bahkan kadang dipakai seharian kalo lg banyak kerjaan.. mpe skrg rasanya msh asyik2 aja tuh dipakainya.. hi..hi…

    Menurut sy sih, apapun merknya, namanya beli barang elektronik ya spt beli kucing dalam karung. Buatan manusia gt lho.. yg ptg dirawat n dipakai kerja terus.. spt pepatah, bagai pisau, makin diasah makin tajam.. ha..ha..kagak nyambung.

    Anak sy yg mau smp jg pakai Axioo neon. Moga bandel jg ky py sy.. he..he..

  48. AXIO MNC 016, RAMNYA BISA DI UPGRAD HINGGA 4 GB ENGGAK YA, PUNYAK SAYA RAMNYA 2GB RENCANANYA MAU UPGRADE 4 GB, MOHON PETUNJUKNYA. BARANG KALI TEMEN2 TAU, N DAH PERNAH UPGRADE

  49. saya baru dapat hadiah Axioo Pico DJJ… productnya udah ngga ada di pasaran (diganti deng DJJ yg lebih tinggi spec-nya)… Skrg sedang mikir ingin dijual atau dipakai sendiri…

  50. Wah, senang bs ktm komunitas Axioo..
    Lg sedih nih si doi tyt power adapternya bermasalah.
    Awalnya batere sering tdk terisi (sy pikir krn slot kabelnya).
    Tyt sambungan kabel dan power adapternya tiba2 wuuz..timbul percikan api (wah, tahun baru dg kembang api ala power adapter)
    Ada yg tahu pwr adapter yg bagus merknya apa tdk?
    Selama browsing utk pwr adapter 0335A1965 kok merknya ada macam2: Lian, Iqon, Winbod(??), Gateway ya?
    Ada yg tahu yg plg awet/ok & ga mahal yg mana?
    Terima kasih

    @duekiel
    Cerita tompelnya lucu banget..
    Ane turut berduka cita..
    Ati-ati bs metastasis jd melanoma (kanker melanin), he..he..he

  51. Saya Punya Axioo Neon Mnc
    barusan hari ini terjatuh dari meja kerja saya…
    kurang lebih 1 meter tinggi meja ke lantai…..

    dan sekarang saya masih deg2an masalah hardwarenya….
    untuk sementara ini aman2 aja….

    tapi saya mau bertanya neh pada rekan semua…biasanya kalo laptop udah jatuh gitu ada hardware yang bakal rusak gak..?? ex:screennya

    cuma sekarang sih masih aman2 aja….
    kira2 gmana yah…ada yang pernah ngalamin yang lebih parah dari ini gak..???

  52. sy baru beli & pake axioo MNC Neon Series.lumayan juga sih namun brightness kurang terang walau dah di max.waktu pake in focus, kelihatan buram. kurang terang saat dibaca.Napa ya?
    @belalang : bagi tips awet pake laptop axioo dong.
    @Rade’$ : wah jatuh ya.selama ga ada yg copot/putus, everything just be ok.. (yg penting ga jatuh ke air/batu dsb)..
    @ everyone : salam kenal.. ๐Ÿ™‚
    @ duekiel : wah, lucu banget.gw baru denger laptop bertompel (just kidding bro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s