belalang

catatan yang ringan-ringan saja

Ubuntu di laptop Axioo

with 15 comments

Ini bukan panduan menginstall Ubuntu. Tapi ini adalah sekedar catatan saja saat menginstall Ubuntu di laptop yang baru saya beli. Untuk menginstall saya mengikuti panduan yang sangat bagus di www.howtoforge.net

Saya memulainya dengan dengan mempersiapkan partisi yang digunakan:

  • Partisi ntfs untuk Winxp
  • Partisi fat32 untuk data
  • Partisi ext3 untuk sistem Ubuntu
  • Partisi swap untuk swap Ubuntu

Sebenarnya masih kurang satu lagi, yaitu partisi untuk /home. Biar kalau melaksanakan re-install Ubuntu data-data penting yang biasanya terinstall di direktori /home masih aman. Tapi untuk sementara direktori /home masih mengikut ke partisi ext3 (sistem Ubuntu). Ini saya mengasumsikan bahwa anda telah tahu bagaimana cara membuat partisi.

Sekarang proses install dimulai. Laptop ini rencananya mau dual boot dengan WinXp. Kenapa? soalnya ada anggota keluarga yang ikut memakai laptop ini yang mungkin belum familiar dengan Ubuntu. dan untuk sementara jika di Ubuntu benar-benar belum ada solusi, Winxp bisa buat cadangan untuk bekerja.

Untuk dual boot dengan Ubuntu, OS lainnya harus diinstall lebih dulu, dalam hal ini Winxp. Setelah selesai baru mulai install Ubuntu.

Ubuntu diinstall dengan menggunakan live cd. Setelah booting live cd selesai, Ubuntu memberi pilihan untuk menginstallnya secara permanen ke harddisk. Setelah memilih opsi untuk menginstall, tinggal mengikuti saja petunjuk yang ada. Ini adalah pengalaman saya menginstall Linux, Ubuntu khususnya. Dan saya tidak menemui hambatan yang berarti saat menginstall.

Setelah proses instalasi selesai, lalu restart dan sekarang saat booting akan ada pilihan mau booting kemana, WinXp atau Ubuntu. Ini yang disebut dengan Boot Manager (GRUB). Dan sampai disini selesailah proses install.

Sekarang apa yang terjadi setelah install?
Ini semua tergantung dengan spesifikasi hardware apa saja yang ada di komputer kita. Ada laptop yang sudah berjalan sempurna, semua hardware dikenali dengan baik. Ada juga yang harus di-oprek dulu untuk bisa berjalan normal.

Berikut ini adalah catatan pada Laptop Axioo VL 856 P setelah diinstall Ubuntu Feisty:

Video (Via PM880 / S3 Unichrome)
Secara default belum bisa menampilkan resolusi widescreen (1280×800 dpi). Harus ada yang di-oprek sedikit biar bisa. Rupanya chipset video VIA belum secara otomatis bekerja baik dengan Ubuntu. Tentu saja jangan berharap banyak dengan efek-efek desktop dengan chipset ini. Bisa berjalan lancar saja sudah bagus.

Wifi (Intel Pro 2200 BG)
Salut. Wifi berjalan lancar tanpa diset apapun. Suatu ketika ada Hotspot di deket kantor yang tidak diproteksi. Lalu ter-detect oleh laptop dan aku coba untuk join, dan ternyata bisa masuk, dan ternyata akses internetnya kenceng juga. Jadilah download email dengan Thunderbird.

Touchpad dan USB mouse
Berjalan dengan baik

Sound (AC97 Audio Controller)
Sound bisa bunyi dengan baik. Belum sempat membandingkan secara detail pada WinXp. Ada beberapa kasus suara lebih nyaring dan jelas di WinXp sementara di Ubuntu agak mendem.

Hybernate
Saat shutdown pada Ubuntu, salah satunya ada opsi untuk hibernate. Bisa berfungsi dengan baik. Dan saat dinyalakan tidak ada problem sama sekali.

Modem (AC 97 Modem)
Tidak bisa berfungsi. Ada petunjuk untuk untuk mengaktifkannya di salah satu situs. Tapi belum sempat mencobanya karena belum mencoba untuk koneksi internet dengan dialup.

Network card (VIA VT6102/Rhine II)
Network card berjalan dengan sempurna. Baik saat disambung ke jaringan kantor atau saat digunakan untuk Speedy di rumah.

Cardreader
Belum bisa jalan. Chipset ENE belum disupport oleh Ubuntu. Di WinXp berjalan baik setelah diinstall driver bawaan dari laptop.

Webcam
Ini hampir dialami oleh laptop yang ada webcam built-in yang umumnya tidak terdeteksi oleh Ubuntu. Masih belum ada solusi untuk webcam. Tapi tidak apa-apa, toh jarang dan bahkan tidak pernah menggunakan webcam.

Kesimpulannya, secara umum Ubuntu Feisty bisa berjalan cukup baik di laptop Axioo VL 856 P. Masih perlu sedikit sentuhan agar resolusinya bisa support widescreen. Ini pun baru sebatas resolusi standar dan jangan berharap bisa main-main desktop effect semacam Beryl atau Compiz-Fusion. Karena laptop jenis ini termasuk ecek-ecek.

Masih kunanti rilis Ubuntu Gutsy Gibbon yang akan edar beberapa minggu ini. Semoga bisa menambah performa laptop ini dengan rilis baru nanti.

Written by belalang

Oktober 14, 2007 at 2:02 pm

Ditulis dalam Komputer

15 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Aku juga sama pakai NL-658i, Sabtu-Ahad kemarin sudah bisa pakai ubuntu untuk dial up, tapi gak tahu sekarang gak bisa lagi

    Robikhun

    Oktober 24, 2007 at 8:38 pm

  2. wah enak ya pake ubuntu.

    muhandis777

    November 19, 2007 at 2:28 pm

  3. Iya dong. Emang mas Muhandis pake apa?

    belalang

    November 20, 2007 at 7:48 pm

  4. saya punya juga axioo dengan driver vga yang sama.. dan blom ketemu drivernya. kalo ada info kasih tau ya..

    ariawan

    November 21, 2007 at 3:07 pm

  5. mas ariawan,
    sebenarya di ubuntu sudah ada petunjuknya. lengkapnya bisa dibaca disini:
    https://help.ubuntu.com/community/OpenChrome

    kalau di laptop saya ini saya menggunakan cara ini:
    – karena live cd gak driver gak jalan, lalu saya paksa masuk ke terminal, lalu ganti xorg.conf nya dan saya ganti driver ‘via’ dengan driver generic nya ubuntu (vesa).
    – setelah install selesai, saya lakukan ‘sudo apt-get install xserver-xorg-video-openchrome’
    – lagi edit lagi xorg.conf, ganti driver ‘vesa’ tadi dengan ‘via’ (jangan ganti dengan openchrome)
    – restart gdm nya. atau kalau mau pake cara window$ restart komputernya :D
    – dari terminal jalankan ‘glxinfo’ dan lihat apakah ‘dri=yes’ kalau iya berarti dah berhasil.
    – dari terminal jalankan ‘glxgears’ dan lihat apakah ada gambar gir berputar dan ada info tentang fps nya. kalau iya berarti berhasil.
    – yang terakhir, walau semuanya sudah berhasil dektop effect-nya Gutsy MASIH BELUM BISA DINIKMATI.

    wah panjang juga ya. sudah jadi entry blog tersendiri nih :D

    belalang

    November 21, 2007 at 5:21 pm

  6. wah keren juga…

    Agus Nugroho
    http://agusnugrohojr.blogspot.com/

    Agus Nugroho

    Mei 5, 2008 at 8:53 am

  7. Wah.. bisa ya…
    Mohon Bantuannya dunk
    saya pake
    Axioo TVS-8122XE
    Anehnya ketika mw di install ubuntu g bs..?
    dr Live CD aj udah g jalan…..
    mohon petunjuk step by step dari awal..
    Thanx

    ijul

    Juni 21, 2008 at 11:47 am

  8. Mas cobain ganti dari ubuntu yang versi alternate abis itu di boot options yang quitenya di ganti jadi vga = 788

    Sonny Ardi

    Juli 9, 2008 at 9:08 am

  9. ms,Q mw nanya nich gimana caranya biar sound di ubuntu bisa berbunyi cz Q jalanin ubuntu pake’ virtualbox terus soundnya g’ bisa bunyi gimana donk……………!!! tolong kasih saran ya kirim di e-mail Q ya..!!
    sitisuciowati@yahoo.co.id

    siti

    Desember 3, 2008 at 8:41 am

  10. touchpad saya pengguna ubuntu tidak detec dan wifinya juga….bagaimana caranya?
    mohon petunjuknya….
    saya pengguna axioo (zeta)

    veny

    Januari 23, 2009 at 3:25 pm

  11. saya baru dalam pengguna ubuntu, masalah yang saya alami wifinya tidak detek dan touchpad nya juga…

    mohon bantuanya dunk…saya pengguna laptop axioo (zeta)

    veny

    Januari 23, 2009 at 3:28 pm

  12. teman2 saya udah mencoba 8 distro linux di laptop axioo model m72sr mulai dari mandriva, suse, fedora 5, centor, Igos, blankon 4, ubuntu, qbuntu dll nya tapi sampai hari ini belum berhasil mungkin temen2 ada cara tolong infonya, spesifikasi laptop axioo saya
    hd 160 gb, ram 4 gb, vga sis

    salam

    zainal

    zainal

    Maret 28, 2009 at 7:25 pm

  13. @ webcam coba cheese terbaru ^^

    @ video di ubuntu blankon lontara 3 sudah detec sisa oprek u/ 3D ^^

    maju terus ubuntuero-id

    cemens

    Juni 28, 2009 at 10:55 am

  14. Mas mau nanya, laptop saya axiio zetta ten dan saya pake speedy. Saya sudah menginstall linux 9.04. touchpad jalan karena sudah saya kasih i8042.nomux=1. Nah sekarang masalahnya laptop saya sering hang. Saya cari google katanya tambahkan noapic nolapic. Setelah ditambahkan noapic nolapic pada parameter boot kernel, memang tidak hang lagi tetapi saya tidak dapat terhubung ke jaringan. Menggunakan dhcp ataupun static ip juga tidak bisa conect. Sedangkan kalo tidak menggunakan noapic nolapic saya bisa terhubung ke jaringan. Mohon bantuannya.

    Agni Luthfi

    September 16, 2009 at 6:18 am

  15. mas tolong saya dunk.,.,.
    saya khan pke laptop axioo neon mnc
    pas dah slesai ngistall teh resolusi ny cn\ma bsa 600×800
    g bsa d 1200 ataupun 1800.,.,.
    aY dH CBA PKE,.,.,
    linux mint 7,u bubt 8.10,9.10,9.04.,.,.,
    blum nyba yg laen da yg pengalamam lum.,.,.,
    klo dah da bantu q yassh.,.,
    di email da atas kirim ny.,.,.

    Andhika

    Januari 31, 2010 at 5:42 pm


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

